Friday, January 14, 2011

Presiden Ajak Rakyat Tanam Tamanan Pangan di Rumah

 Sidoarjo: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat melakukan upaya ketahanan pangan keluarga melalui rumah hijau atau rumah pekarangan pangan. Ajakan itu disampaikan Presiden saat menghadiri pencanangan Gerakan Nasional Penanganan Anomali Iklim Petani Indonesia, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (14/1).

"Ketahanan pangan keluarga juga dapat ditingkatkan melalui rumah hijau atau mungkin tepatnya rumah pekarangan pangan," kata Presiden Yudhoyono. Menurut Presiden, di kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, ia juga menanam sejumlah tanaman pangan, antara lain, cabai, tomat dan beberapa sayur mayur.


Ia menjelaskan, dengan menanam sejumlah bahan pangan sendiri, maka dapat membantu kebutuhan keluarga di saat kondisi pangan tidak menentu. Presiden mengatakan, untuk mewujudkan rumah pekarangan pangan atau rumah hijau tidak diperlukan lahan luas.

Tanaman tersebut, kata Presiden, dapat ditanam dalam pot. Ia bahkan juga mengatakan jika beternak lele pun dapat dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas. Gerakan Nasional Penanganan Anomali Iklim itu menganjurkan agar anomali iklim yang tidak dapat dihindari jangan ditakuti namun diwaspadai dan siap siaga, sehingga ketahanan pangan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

No comments:

Post a Comment