Saturday, January 29, 2011

iPad Tak Berkutik di Kandang Galaxy Tab

Samsung Galaxy Tab berhasil mengalahkan Apple iPad. Memang, kemenangan Galaxy Tab ini bukan di pasar tablet PC global, melainkan hanya menang di kandang.

Kandang yang dimaksud tentu saja negara di mana produsen Galaxy Tab berasal, Yakni Korea Selatan. Dikutip detikINET dari Chosun, di pasar tablet Korea Selatan, iPad tercatat sudah terjual 98.000 unit. Sementara Galaxy Tab sudah melesat dengan penjualan 400.000 unit.

Memang dari segi aplikasi, iPad masih mengangkangi Galaxy Tab. Yakni 350.000 aplikasi berbanding dengan 150.000 aplikasi untuk Galaxy Tab.


Namun jika perbandingannya dilihat dari konten lokal yang mengayomi warga Korea Selatan, Galaxy Pad masih unggul jauh dari iPad.

Sebagai contoh, Galaxy Pad sudah didukung oleh dua toko aplikasi mobile Textore dan Kyobo Bookstore. Nah, Tektore sendiri sudah dilengkapi dengan 8 surat kabar, 10 majalah, 25.000 buku dan 200 konten kartun. Sementara aplikasi Kyobo sudah diramaikan dengan 70.000 buku yang sebagian besarnya adalah buku elektronik Korea.

Di sisi lain, iBooks yang dijalankan Apple hanya memiliki sejumlah kecil e-book Korea. Salah satunya adalah yang dimiliki oleh KT, distributor Korea yang memiliki 100 e-book yang teregistarasi.

Dengan situasi tersebut, jelas saja iPad agak kesulitan melawan Galaxy Tab di kandangnya. Terlebih lagi ada unsur nasionalisme di kalangan pengguna gadget Korea yang tentu saja akan lebih berat berpihak ke Samsung yang asal Korea.

No comments:

Post a Comment