Wednesday, January 26, 2011

Yogya Ikon Indonesia untuk ASEAN

Yogyakarta: Yogyakarta akan dijadikan daerah ikon Indonesia yang kini duduk sebagai Ketua Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Hal tersebut ditegaskan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Djauhari Oratmangun di Yogyakarta.

"Hal itu akan diperkuat dengan digelarnya beberapa pertemuan tingkat ASEAN di Yogyakarta," terang Djauhari, Kamis (27/1).

Menurut Djauhari, per Januari 2011 Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN. Indonesia memiliki visi ke depan terutama terkait dengan Commite Development Organization. Visi tersebut, menurut dia, terdiri atas tiga pilar utama. Yaitu politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.


"Penguatan itu akan dimulai dengan menggelar beberapa pertemuan di Yogyakarta dengan latar belakang untuk mengenalkan Indonesia melalui Yogyakarta pada negara-negara ASEAN," katanya.

Dengan digelarnya beberapa pertemuan di Yogya, Djauhari berharap bisa berimbas pada ekonomi dan sosial budaya. Hal itu juga yang mendorong diadakannya lokakarya dengan media untuk memberikan gambaran tentang ASEAN yang baru.

"Pertemuan pertama yang akan diadakan di Yogyakarta pada 7-9 Maret 2011 melibatkan `general official` perwakilan menteri pertahanan dan menteri luar negeri serta perwakilan seluruh menteri dari 10 negara ASEAN," katanya.

No comments:

Post a Comment