Wednesday, January 19, 2011

Mudahnya Belanja Online Di Penjara

 Kendati tubuh terkurung di penjara, narapidana kota Moskow setidaknya bisa makan cokelat dan buah kegemaran mereka lebih sering. Penjara kota Moskow kini membuka sebuah toko dalam jaringan (online) yang bisa dipesan teman dan keluarga dan langsung diantar dalam sel.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita pemerintah Rusia Itar Tass, Kepala Penjara Federal Rusia di Moskow, Viktor Dezhurov mengatakan toko online penjara sangat populer sejak diperkenalkan Desember 2010. Toko online penjara menerima pesanan barang rata-rata 180 item perhari.


"Keluarga atau teman narapidana dapat mengunjungi situs kami dan memesan barang. Kami akan mengirimnya ke sel dalam waktu tiga hari," ujar Dezhurov seperti dikutip NZherald. Layanan toko online ini diluncurkan jelang peringatan 240 tahun penjara Moskow.

Selain berbagai macam produk makanan, barang jualan termasuk sembilan jenis buah segar dan berbagai jenis keju. Adapula salinan Alkitab, Quran bagi narapidana dalam ruang isolasi. Toko juga menyediakan 21 jenis rokok, tetapi menurut situs, tak menjual minuman beralkohol.

Dalam situsnya, toko online penjara mengklaim pemesanan via dunia maya akan menghemat waktu dan uang. Setiap tahun, sekitar 30 ribu narapidana mendekam di penjara Moskow. Setelah keberhasilan ini, pemerintah federal Rusia berencana memperluas toko online di seluruh penjara Rusia.

No comments:

Post a Comment