Sunday, January 9, 2011

Demokrat Beri Masukan Kinerja Kementrian

 Isu reshuffle kembali bergulir menjelang penyerahan laporan evaluasi kinerja menteri Kabinet Indonesia Bersatu II oleh Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) kepada presiden, Senin, 10 Januari 2011.

Apakah Partai Demokrat, sebagai partai pengusung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, turut memberi masukan? "Reshuffle sekali lagi bukan menjadi pembahasan di partai," kata Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, usai pelantikan pengurus Partai Demokrat, Minggu malam, 9 Januari 2011. 

Menurut Anas, presiden sudah melakukan evaluasi komprehensif terhadap kabinet, dibantu UKP4. "Kalau presiden berkesimpulan perlu ada bagian-bagian yang perlu disegarkan ya kita serahkan pada presiden. Tapi kalau presiden mengatakan tidak perlu penyegaran kabinet ya kita dukung," katanya.


Ketua Fraksi Partai Demokrat, Jafar Hafsah, menambahkan, pengurus teras Partai Demokrat sudah diminta masukan terkait kinerja menteri. "DPP tentu memberikan juga semacam ulasan, pendapat-pendapat itu pasti," katanya. 

Namun, ulasan itu hanya menyangkut performa kementrian, bukan mengusulkan perombakan kabinet. "Tidak by name," kata Jafar. "Normatif-normatif saja dari partai, bagaimana pendapat, analisa, situasinya tentang semua daripada instansi pemerintah ini yang dipimpin menteri tersebut." 

Jafar menegaskan, terkait perombakan kabinet, sepenuhnya wewenang presiden. "Apakah ini perlu diganti atau tidak, itu tidak masuk, berapa yang diganti itu juga memang tidak dibicarakan," katanya.

No comments:

Post a Comment