Tuesday, February 15, 2011

'Topi Berpikir' Tingkatkan Kemampuan Otak Lewat Setrum

Sebuah perangkat yang dikembangkan ilmuwan di Australia dan dijuluki sebagai 'topi berpikir', diklaim dapat meningkatkan kemampuan otak dan kreativitas.

Dilansir AFP dan dikutip detikINET, Rabu (16/2/2011), perangkat dengan dua konduktor yang diketatkan pada kepala menggunakan sabuk karet ini mengalirkan listrik bertegangan rendah ke otak.

"Aliran listrik ke otak ini meningkatkan kinerja otak. Ini terlihat dari hasil signifikan pengerjaan tes aritmatika sederhana yang dikerjakan oleh partisipan setelah menggunakan topi itu," klaim Allan Snyder mewakili timnya dari Sydney's Centre for the Mind.


Dalam pengujian yang melibatkan 60 partisipan, hasilnya menunjukkan partisipan yang menggunakan topi berpikir tiga kali lebih pandai dalam mengerjakan tes aritmatika ketimbang yang tidak menggunakannya.

Disebutkan Snyder, topi berpikir bekerja dengan cara menekan otak sebelah kiri yang berhubungan dengan pengetahuan dan menstimulasi sisi kanan otak yang berkaitan dengan kemampuan kreativitas.

"Perangkat ini tidak digunakan saat belajar atau membantu ingatan, melainkan untuk membantu para pasien yang kehilangan kreativitasnya akibat kecelakaan yang merusak sisi kiri otak mereka," tandasnya.

No comments:

Post a Comment