Friday, February 25, 2011

Jumlah Buang Air Kecil yang Wajar Dalam Sehari

img
Setiap hari seseorang pasti buang air kecil untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan juga racun dari dalam tubuh. Tapi normalnya berapa kali seseorang buang air kecil setiap hari?

Jumlah urine yang dikeluarkan bervariasi tiap orang, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah cairan yang dikonsumsi, kondisi tubuh serta lingkungan sekitar. Namun jika frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya, maka patut untuk diperhatikan.

Sebagian besar orang dewasa akan buang air kecil sekitar 4-7 kali dalam sehari. Rata-rata orang tidak akan buang air kecil lebih dari dua cangkir setiap 2 jamnya, seperti dikutip dari CNN, Jumat (25/2/2011).


Sedangkan jika cuaca atau udara dinginmaka seseorang akan pipis lebih sering. Hal ini karena cuaca atau lingkungan yang dingin bisa menyebabkan otot kandung kemih beraktivitas secara berlebihan (overactivity) dan memicu peningkatan sensor urgensi (mendesak).

Namun jika dalam keadaan normal seseorang buang air kecil lebih dari 8 kali dalam waktu 24 jam, atau buang air kecil lebih dari 2 kali dalam semalam yang dapat mengganggu waktu tidur, maka sebaiknya kondisi ini dikonsultasikan dengan dokter.

Ada dua kondisi kandung kemih yang menyebabkan seseorang sering pipis, yaitu interstitial cystitis (IC) yang disertai rasa sakit di kandung kemih dan sekitarnya serta overactive bladder yaitu sering mengalami dorongan kuat untuk pipis secara tiba-tiba. Kedua kondisi ini bisa diobati dengan baik jika disadari dan diperiksakan ke dokter.

Selain itu terlalu sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lain seperti pembesaran prostat, diabetes, kehamilan, infeksi saluran kencing, gelisah, cemas atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Untuk mengetahui apakah ada gangguan pada kandung kemih, seseorang bisa melakukan tes ringansebelum memeriksakan diri ke dokter. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka bisa menghambat atau mengganggu aktivitas seseorang serta tidak mendapatkan waktu tidur yang nyenyak 

No comments:

Post a Comment