Tuesday, February 8, 2011

Alves Keluhkan Rasisme di Spanyol

 
Meski kampanye antirasis selalu didengungkan di tiap laga sepakbola, namun rasisme ternyata belum juga bisa lenyap dari lapangan hijau. Hal itulah yang dikeluhkan oleh bek Barcelona, Dani Alves.

Alves mengaku jadi korban ejekan rasis nyaris di tiap laga yang dia jalani bersama Barca di Liga Spanyol. Dia menyebut para penonton sering memanggilnya dengan sebutan monyet di sepanjang laga.

"Sayangnya, saya sudah belajar bagaimana hidup dengan itu (ejekan rasis). Di tiap laga para penonton menghina saya, memanggil saya monyet," terang Alves, kepada harian Brasil Folha de S. Paulo.


Dia mengaku awalnya terkejut dengan ejekan rasis semacam itu saat mulai bermain untuk Sevilla di tahun 2002. Namun saat ini dia mulai mengabaikannya.

"Saya tak menganggapnya penting. Saya pikir Anda hanya akan tersinggung jika menganggapnya sebagai sebuah masalah besar," lanjut pemain 27 tahun itu.

"Keluarga saya sedih, mereka mengeluh, tapi saya mencoba menjauhkan diri dari itu."

Klub-klub La Liga memang sudah berupaya untuk menghilangkan rasisme. Namun Alves melihat upaya tersebut tak juga mampu mengatasi problem ini sepenuhnya.

"Mereka kadang-kadang menghukum klub, tapi itu tak terkontrol. Itu tak akan pernah berakhir," tuntasnya.

No comments:

Post a Comment