Saturday, February 19, 2011

Vaksin Kanker Serviks Juga Penting Bagi Pria

 
Human papilloma virus (HPV) selama ini identik sebagai pemicu kanker serviks pada wanita. Tetapi pada kaum pria, virus itu juga bisa jadi masalah serius, yaitu penyakit kutil di sekitar kulit kelamin. Penyakit ini dikenal dengan "jengger ayam".

Bentuk HPV pada pria bukan hanya "jengger ayam", tapi juga kutil di sekitar mulut akibat melakukan seks secara oral. Jika penyakit ini diderita suami, maka dengan mudah menularkan pada sang istri.

Selama ini vaksin pencegah HPV memang lebih diutamakan untuk kaum wanita. Namun, sebenarnya juga bisa diberikan pada kaum pria, sebagai langkah pencegahan penyakit "jengger ayam".



"Pemberian vaksin pada laki-laki, bukan hanya sebagai pencegahan untuk dirinya, tetapi juga pencegahan kanker serviks pasangan," kata dr. Wresti Indriatmi, Spesialis Kulit Kelamin, di Jakarta, Sabtu, 19 Februari 2011.

Faktor risiko HPV pada pria, menurut dr. Wresti, antara lain perilaku ganti-ganti pasangan, tidak disunat, dan melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.

Untuk mengurangi risiko penularan HPV di daerah kelamin, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, abstinensia kontak seksual, yaitu jika salah satu pasangan terdeteksi terkena HPV kelamin, maka untuk sementara tidak melakukan hubungan seksual hingga sembuh.

Kedua, saling monogami seumur hidup. Ketiga, menggunakan kondom, terutama untuk perilaku seks berisiko, meskipun hal ini tidak bisa dijadikan proteksi maksimal. Serta, yang terakhir, melakukan vaksinasi.

No comments:

Post a Comment