Thursday, February 10, 2011

Vaksin Flu Babi Bisa Bikin Orang Tertidur Tiba-tiba

img
Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus H1N1 alias flu babi, kini tengah digunakan vaksin H1N1. Tapi penelitian terbaru menemukan bahwa penggunaan vaksin ini menyebabkan efek samping, salah satunya gangguan tidur tiba-tiba atau narkolepsi.

Pekan lalu, sebuah studi awal di Finlandia menemukan bahwa vaksin H1N1 (flu babi) memberikan kontribusi pada lonjakan kasus narkolepsi, yaitu gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk di siang hari yang luar biasa dan serangan tidur tiba-tiba (narkolepsi), pada anak usia 4 hingga 19 tahun.

Data dari tahun 2009-2010, para pejabat setempat mengatakan terdapat 60 anak-anak dan remaja yang telah mengalami narkolepsi, 52 dari mereka dilaporkan telah mendapatkan vaksin flu Pandemrix.


Berdasarkan data awal ini, pejabat Finlandia mengatakan bahwa orang yang menerima vaksin H1N1 memiliki peningkatan risiko 9 kali lipat lebih tinggi mengalami narkolepsi ketimbang orang dengan kelompok usia sama yang belum divaksinasi.

Penggunaan vaksin H1N1 dihentikan di Finlandia pada bulan Agustus 2010, setelah kekhawatiran tentang hal ini pertama kali muncul, seperti dilansir Time, Jumat (11/2/2011).

Belum jelas berapa banyak anak dan remaja yang telah divaksinasi dengan Pandemrix, tapi diperkiran sekitar setengah dari 5,3 juta penduduk Finlandia telah menerima vaksin tersebut selama musim dingin tahun 2009-2010, menurut Associated Press (AP).

Panel Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 8 Februari 2011 mengatakan bahwa faktor genetik mungkin telah memainkan peran dalam kasus narkolepsi-Pandemrix di Finlandia.

WHO menguji 22 pasien narkolepsi dan menemukan bahwa semuanya memiliki gen yang umumnya terkait dengan narkolepsi. Menurut Patrick Zuber, pejabat keamanan vaksin WHO, sekitar 30 persen orang di Finlandia memiliki gen tertentu, dibandingkan dengan 15 persen di Eropa.

Sampai saat ini, 12 dari 47 negara yang menggunakan vaksin, termasuk Swedia dan Islandia, telah melaporkan peningkatan kasus narkolepsi setelah vaksinasi.

Narkolepsi merupakan gangguan saraf yang langka dan kronis yang menyebabkan kelelahan ekstrem dan tidur tiba-tiba. Tapi kasus yang dilaporkan di Finlandia hanya berlangsung beberapa bulan setelah vaksinasi dan tidak permanen. Menurut WHO, ini adalah pertama kalinya kondisi narkolepsi telah dikaitkan dengan vaksin H1N1.

Pandemrix tidak tersedia di Amerika Serikat karena berisi adjuvant, yaitu suatu senyawa yang meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh, mengurangi dosis vaksin yang diperlukan. FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) tidak menyetujui vaksin flu yang mengandung adjuvant untuk penggunaan di AS.

No comments:

Post a Comment