Monday, February 7, 2011

Lagi, Kapal Terbakar di Laut Jakarta


Kapal penumpang Silvia dengan rute pelayaran Tanjung Priok - Bangka Belitung, terbakar pada Selasa dini hari, 8 Februari 2011, pukul 03.30 WIB. Kepala Direktorat Polisi Perairan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Edion, mengatakan kapal tersebut bermuatan 260 penumpang dan juga 40 unit kendaraan roda empat.

Api diduga berasal dari ruang mesin. Kobaran api cukup besar namun bisa dipadamkan sekitar pukul 05.10 WIB. "Hingga kini kami masih melakukan evakuasi penumpang," ujar Edion saat dihubungi 
VIVAnews.com.


Evakuasi dilakukan di dua titik yaitu pelabuhan Pelni dan Kepanduan Tanjung Priok. "Begitu terjadi kebakaran, beberapa menit langsung dilakukan evakuasi," kata Edion.

Dengan insiden ini, untuk kedua kalinya kapal penumpang terbakar dalam kurun waktu hanya dua minggu. Sebelumnya, pada 28 Januari 2011 kapal muatan Laut Teduh 2 terbakar di perairan Selat Sunda sehingga menewaskan 16 orang.

KM Laut Teduh 2 terbakar ketika melaut dari Merak menuju Bakauheni. Kapal jenis Roro ini mengangkut sekitar 567 penumpang dan 32 anak buah kapal. Di samping itu, kapal milik PT Bangun Putra Remaja itu juga mengangkut 93 unit berbagai jenis kendaraan.

No comments:

Post a Comment