Tuesday, February 22, 2011

Gagasan buat Harian Jawa Pos

Tulisan ini aku buat untuk kolom Gagasan di salah satu harian kabar, Jawa Pos. Awalnya iseng dan cari pengalaman aja, tapi kok sampai sekarang belum ada kabar dari pihak redaksi. Ya, namanya juga usaha. ""Yang penting itu mencoba menulis dan mempublikasikan karya kita. Walau dewi fortuna belum menghampiri, tetaplah mencoba dan mencoba, itu lebih baik daripada tidak sama sekali". Itu petuah yang aku dapatkan selama mengikuti pelatihan Jurnalistik.

Di mana Hasil Cipta Anak Bangsa?
Indonesia adalah negara yang “Diam-diam menghanyutkan”. Lihat saja, walau kondisi negara Indonesia masih diwarnai berbagai persoalan berat. Angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi. Tingkat pendidikan juga masih rendah. Korupsi semakin merajalela di seluruh lapisan masyarakat. Bencana alam yang bertubi-tubi. Namun dibalik itu semua, banyak anak-anak bangsa yang berhasil mengukir prestasi di dunia internasional. Mereka tidak terkendala oleh keadaan, bahkan negara lain dibuatnya berdecak kagum. Baik itu di bidang seni dan kebudayaan, penelitian ilmiah, olahraga, olimpiade sains,dan teknologi .
Bidang teknologi, setiap tahunnya di seluruh daerah di Indonesia, anak-anak bangsa Indonesia menghasilkan penemuan terbaru. Mereka juga tidak segan untuk mendaftarkannya di berbagai perlombaan, ada juga yang digunakan sebagai tugas akhir, thesis, dan jurnal. Hal ini merupakan salah satu hasil cipta yang memang diakui keberadaannya, lalu bagaimana dengan hasil cipta yang tidak dikenalkan pada khalayak umum?. Kreativitas mereka semua patutlah diacungi jempol, akan tetapi pedulikah petingi-petinggi negara dengan hasil cipta mereka?. Kepedulian petinggi-petinggi negara ini masih sebatas hadiah dan sertifikat penghargaan. Setelah itu, tidak ada kabar lagi mengenai hasil cipta mereka ini. Hasil cipta mereka hanya akan menjadi sejarah saja. Sebenarnya hasil cipta mereka bisa membuat negara ini menjadi negara yang maju dan sejahtera, jika hasil cipta mereka diproduksi secara masal dengan label hak paten, Perkembangan IPTEK akan semakin pesat dan lebih terasa manfaatnya. Bahkan, kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia juga akan dirasakan oleh negara tetangga. Sehingga secara tidak langsung dari produksi hasil cipta ini bisa menambah pendapatan negara, dan tercapailah kemakmuran dan kesejahteraan. Negara untung, rakyat makmur.


54489-97-C3D4A873E138AC0621773A1C0339DF58

No comments:

Post a Comment