Monday, March 7, 2011

Pendidikan Anak Berawal dari Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertama kali dikenal anak. Pada masa bayi yang penuh dengan ketidak berdayaan sangat membutuhkan peranan orang tua untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari sinilah pendidikan anak berawal.

Keluarga merupakan tempat penanaman nilai-nilai moral yang pertama kali. Dari sinilah anak-anak belajar sopan untuk pertama kalinya.Keluarga juga sebagai filter terhadap pengaruh lingkungan yang didapat anak. Karena kita pun tidak mungkin mengekang anak untuk bersosialisasi di luar lingkungan rumah. Jadi tentunya banyak sekali pengaruh positif maupun negatif yang akan diterima anak.

Ketika anak memasuki usia sekolah, keluarga juga sangat berperan dalam membantu anak dalam menguasai materi pembelajaran. Ketika beranjak dewasa, keluarga atau orang tua berperan untuk mengarahkan pilihan anaknya demi masa depan kelak.

Jadi, jika ingin anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik, maka dalam keluarga perlu: suasana yang kondusif dan demokratis, teladan yang baik serta sarana prasarana yang bisa mengoptimalkan perkembangan anak.

No comments:

Post a Comment